Penerapan Media Aplikasi Canva: Membuat Poster Teks Anekdot Kelas X SMK Harapan Bersama Kota Tegal

Dwi Rahmawati,1* Haryadi Haryadi,2 Nas Haryati Setyaningsih3

   1 Universitas Negeri Semarang
   2 Universitas Negeri Semarang
   3 Universitas Negeri Semarang
   * Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.32533/07204.2023

Abstract


Perkembangan teknologi berdampak pada berbagai sektor, salah satunya pada sektor pendidikan. Hal ini menuntut guru untuk selalu berupaya mengembangkan proses pembelajaran agar mengikuti perkembangan teknologi. Dampak positif perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan yakni guru dan peserta didik dimudahkan dalam membuat produk hasil belajar dengan menggunakan aplikasi. Pemanfaatan aplikasi dalam pembuatan tugas, dinilai lebih efektif dan efisien karena gawai termasuk benda yang tidak asing lagi bagi peserta didik. Salah satu aplikasi yang digunakan sebagai media yang dapat digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni aplikasi canva. Canva merupakan aplikasi program desain yang menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Mengembangkan media aplikasi canva pada materi teks anekdot dengan memvisualkan teks menjadi sebuah poster digital. Dalam kegiatan pembelajaran ini merupakan bentuk implementasi dari pengembangan media pembelajaran teknologi dan informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian membahas kegiatan proses pembelajaran dari 1) Tahap perencanaan; 2) Tahap pelaksanaan; 3) Tahap evaluasi. Simpulan hasil penelitian penerapan media aplikasi canva pada materi teks anekdot kelas X SMK Harapan Bersama Kota Tegal lebih efektif dan efisien membantu peserta didik membuat tugas hasil belajar berupa poster digital

Full Text:

PDF

References


Arda, S. S. 2015. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VII," e-Jurnal Mitra Sains.

Giarti, S. 2016. "MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN," Satya Widya, pp. 117-126. doi:10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p117-126.

Hadana, H. S., A. P. 2023. "Implementasi Media Canva pada Pembelajaran Bahasa," JUPENDIS: JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, pp. 126-142.

Hardhita, R. S. 2022. "Penerapan Aplikasi Canva pada Pembelajaran SBDP Kelas VI Semester I Materi Membuat Poster," Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, pp. 1134–1140. doi:10.17977/um065v2i122022p1134-1140.

Mahdi, I. 2022, Februari. "Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022," (D. Bayu, Editor) Diperoleh 30 Maret 2023, dari DataIndonesia.Id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.

Pelangi, G. 2020. "Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA," Jurnal Sasindo Unpam, pp. 1–18. Diperoleh dari http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354.

Putry, B. L. 2021. "PENGEMBANGAN KOMIK ONLINE BERBASIS CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN," repository uny.

Resmi Sari, Y. H. 2017. "PENGEMBANGAN MEDIA BLOG DALAM PEMBELAJARAN," Jurnal Ilmu Budaya.

SMP, P. W. 2022, Oktober Selasa. "Lima Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka." Diperoleh 2023, dari kemdikbud.go.ig: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/lima-prinsip-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka/.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahidy, D. E. 2019. "Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21," Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, pp. 125–129. Diperoleh dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Dwi Rahmawati, Haryadi Haryadi, Nas Haryati Setyaningsih